Selamat Datang di Blog Saya, Media untuk Belajar dan Berbagi Pengalaman tentang Pertanian, Semoga Sukses Selalu Sahabat Tani

Saturday, July 28, 2012

Sebab seseorang ingin berwirausaha dalam bidang agribisnis

1. Ingin membuka lapangan pekerjaan baru.

Alangkah indahnya jika banyak orang yang mencoba memikirkan orang lain dalam hidupnya. Alangkah indahnya jika dalam hidup ini banyak orang yang bisa berbuat banyak kepada orang lain. jika hal ini banyak merasuk pada pemikiran seseorang tentunya masalah-masalah pengangguran dan kemiskinan dapat terbantu.

Jika seseorang memang mempuanyai niat yang cukup besar untuk mewujudkan hal-hal tersebut, tentu dunia wirausaha jawabannya.Dengan mencoba mengembangkan wirausaha berarti menyediakan sejumlah peluang kerja bagi masyarakat yang membutuhkannya. Agribisnis di indonesia, pada dasarnya merupakan kegiatan yang masih bisa menyerap banyak tenaga kerja, baik kegiatan yang ada di subsistem hulu, kegiatan budidaya, sampai kegiatan subsistem hilir.

2. Ingin mendapat penghasilan yang lebih baik.

Pada saat tuntutan hobi terhadap biaya makin meningkat maka pemikiran yang lebih mengarah pada kegiatan produktif akan timbul secara alami dan bukan untuk dihindari. Justru dengan tuntuan kebutuhan pemenuhan (hobi dan lain-lain) mengakibatkan seseorang mulai berfikir serius dan lebih terstruktur dalam mencoba mengembangkan kreativitasnya.

Perlu juga dipahami bahwa kegiatan agribisnis, apalagi kegiatan budidaya adalah kegiatan jangka panjang. jadi seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan kapasitas pelaku serta didukung dengan jaringan kerja yang terbangun dengan baik maka penghasilan juga diharapkan meningkat.

3. Ingin mengekspresikan kemampuan diri.

sebagai ajang untuk mengukur kemampuan diri, kepuasan berekspresi pada bidang agribisnis memang sedikit sulit untuk diukur apalagi jika indikator yang digunakan sebagai tolok ukur kepuasan ekspresi diri memang relatif dan agark sulit dikuantifikasikan. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa dibuktikan walau penilaiannya sangat bersifat individu. salah satu indikator yang bisa dilihat secara visual dan terukur adalah konsistensi dan eksistensi dalam lingkar usaha yang dilakukan.

Kegiatan agribisnis membutuhkan sikap mental yang andal. Tantangan dapat menjalankan agribisnis bukan hanya berhadapan dengan produk, tetapi juga kemampuan untuk mengelola tenaga kerja, kemampuan untuk bersatu dengan alam, dan kemampuan untuk melatih diri sendiri dalam mengahadapi ketidakpastian. jika hal-hal tersebut bisa dihadapi oleh calon pelaku, tentunya niat untuk membangun wirausaha dalam bidang agribisnis harus semakin kuat karena kemampuan diri pengelolaan secara langsung dan menyeluruh dapat teruji. kepuasan yang dapat diperoleh dengan kerja keras dan hasil yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas, tentunya dapat mempertebal niat untuk berwirausaha.

4. Ingin mendapat kebebasan.

Jika dibandingkan dengan pekerjaan yang konservatif di perkantoran dengan kontrol jam kerja dan sistem target yang terstruktur secara terperinci maka wirausaha dapat memberikan nuansa lain jika dibandingkan dengan pekerjaan kantor tersebut. Nuansa kebebasan merupakan alternatif tawaran yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin melakukan kegiatan berwirausaha.

Kebebasan yang ditawarkan kepada wirausaha bukan kebebasan tanpa tanggung jawab, kebebasan disini adalah kebebasan mengelola dan mengatur waktu, Kapital yang dimiliki dan Kebebasan mengambil keputusan.

No comments:

Cara Beternak Ayam Petelur

  Ayam petelur, juga dikenal sebagai ayam ras petelur, adalah salah satu jenis ternak yang paling umum di seluruh dunia. Mereka menghasilkan...